Pengaruh Pendidikan Latihan Peradilan Pidana Anak Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pembimbing Kemasyarakatan Pada Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin

  • Bagus Kurniawan STIA Bina Banua Banjarmasin
  • Muhammad Jamili STIA Bina Banua Banjarmasin

Abstract

The objectives of the study are 1) to find out whether there is an influence on the education system of the juvenile criminal justice system on the performance of community counselors at the class I correctional facility in Banjarmasin. 2) to determine the effect of education on the juvenile justice system training and work discipline on the performance of community counselors at Banjarmasin Class I Penitentiary. The method used in this study is the correlational method, the population in this study is the Community Guidance (PK) in Banjarmasin Class I Correctional Center totaling 30 people. The sample collection technique uses Simple Random Sampling. Data collection techniques using questionnaires, observation, and documentation and data analysis techniques using qualitative analysis. Based on the calculation results show the count value> t table for 5% significance of 3.524 with a significance of 0.002, it can be concluded that there is a positive and significant influence between SPPA Training on PK Performance in the Bapas Class I Banjarmasin office. Thus the first hypothesis which reads the effect of SPPA Training on PK Performance in Banjarmasin Class I Bapas office. Acceptable or proven true. Based on the calculation results show the count value> ttable for significance of 5% count 2.303 with a significance of 0.029, it can be concluded that there is a positive and significant influence between work discipline on PK performance of Bapas Class I Banjarmasin office. Thus the second hypothesis which reads the influence of Work Discipline on PK Performance in Banjarmasin Class I Bapas office. Can be accepted or proven true.


Tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pendidikan pelatihan sistem peradilan pidana anak terhadap kinerja pembimbing kemasyarakatan pada balai pemasyarakatan kelas I banjarmasin. 2) untuk mengetahui pengaruh pendidikan latihan sistem peradilan pidana anak dan disiplin kerja terhadap kinerja pembimbing kemasyarakatan pada Balai Pemsyarakatan Kelas I Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional, populasi dalam penelitian ini adalah Pembimbing Kemasyarakatan (PK) yang ada pada Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuisioner, orbservasi, dan dokumentasi dan tehnik analisa data menggunakan analisa kualitatif. Berdasarkan Hasil perhitungan menunjukkan nilai hitung > t tabel untuk signifikasi 5% hitung 3,524 dengan signifikansi 0,002 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Diklat SPPA terhadap Kinerja PK di kantor Bapas Kelas I Banjarmasin . Dengan demikian hipotesis pertama yang berbunyi pengaruh Diklat SPPA terhadap Kinerja PK pada kantor Bapas Kelas I Banjarmasin. Dapat diterima.atau terbukti kebenarannya. Berdasarkan Hasil perhitungan menunjukkan nilai hitung>ttabel untuk signifikasi 5% hitung 2,303 dengan signifikansi 0,029 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Disiplin kerja terhadap Kinerja PK kantor Bapas Kelas I Banjarmasin. Dengan demikian hipotesis kedua yang berbunyi pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja PK pada kantor Bapas Kelas I Banjarmasin. Dapat diterima atau terbukti kebenarannya.

Published
2020-05-13
How to Cite
KURNIAWAN, Bagus; JAMILI, Muhammad. Pengaruh Pendidikan Latihan Peradilan Pidana Anak Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pembimbing Kemasyarakatan Pada Balai Pemasyarakatan Kelas I Banjarmasin. Administraus, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 39-60, may 2020. ISSN 2580-9695. Available at: <https://ejournal.stiabinabanuabjm.ac.id/index.php/administraus/article/view/95>. Date accessed: 09 aug. 2020.