PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TENAGA KEPENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN HUMANIORA UIN ANTASARI BANJARMASIN

Authors

  • Rabi'atul Adawiyah UIN Antasari Banjarmasin
  • Gerilyansyah Basrindu STIA Bina Banua Banjarmasin
  • Singgih Priono

DOI:

https://doi.org/10.56662/administraus.v6i2.151

Keywords:

Pengaruh, Kualitas pelayanan, Kepuasan Mahasiswa, Tenaga Kependidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  menganalisis pengaruh tangible, reliability, responsiveness, assurance , dan empaty  terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora UIN Antasari Banjarmasin.

Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan sampel mahasiswa semeseter 7/angkatan 2016 yang diketahui seringnya menggunakan layanan tenaga kependidkan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunaka SPSS dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial yakni validitas, reliabelitas, asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. simpulan dengan menggunakan metode induktif, yaitu menarik simpulan secara deduktif mengarah ke khusus, yakni dengan penetapan variabel (konsep), pengumpulan data dan menyimpulkan.

Hasil penelitian bahwa parsial menunjukkan positif dan lebih besar dari ttabel (2,000) pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pada variabel reliability 2,086, assurance 3,107, dan empaty 2,278, sedangkan nilai negatif dan kurang dari ttabel (2,000) elayanan berpengaruh terhadap kepuasan pada variabel tangible 1,061 dan responsiveness  -0,031;  dengan  syarat  nilai  signifikansi  0,29>nilai  probabilitas 0,050. Simultan menunjukkan = 26,257 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, bahwa secara bersama-sama variabel tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empati empaty berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa mempunyai pengaruh positif terhadap layanan pelanggan. Adjusted R Square yang diperoleh sebesar 0,660, berarti 66% kepuasan mahasiswa dipengaruhi oleh kualitas pelayanan tenaga kependidikan berupa variabel tangible, reliability,responsiveness, assurance, dan empaty. Sedangkan sisanya yaitu 34% kepuasana layanan  dipengaruhi  oleh  variabel-variabel  lainnya  yang  tidak  diteliti  dalam penelitian ini.

Downloads

Published

2022-05-31

How to Cite

Adawiyah, R., Basrindu, G., & Priono, S. (2022). PENGARUH DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TENAGA KEPENDIDIKAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FAKULTAS USHULUDDIN DAN HUMANIORA UIN ANTASARI BANJARMASIN. Administraus, 6(2), 131–151. https://doi.org/10.56662/administraus.v6i2.151