ANALISIS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA PEGAWAI KANTOR KELURAHAN LINGGASARI

ANALISIS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA PEGAWAI KANTOR KELURAHAN LINGGASARI

Authors

  • Hanif Achmad Rasyid Jauhari STIA Bagasasi Bandung
  • Mujahid Sirorth Rasyid Jauhari STIA Bagasasi Bandung
  • Sunandie Eko Ginanjar STIA Bagasasi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.56662/administraus.v7i1.173

Keywords:

Administrasi, Kependudukan, Pelayanan

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kelurahan Linggasari. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode kualitatif dengan jumlah responden sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara serta dokumentasi pendukung. Hasil penelitian pelayanan Administrasi Kependudukan secara umum kurang dilaksanakan secara optimal, terdapat enam faktor pendukung untuk mewujudkan pelayanan umum yaitu, faktor kesadaran, faktor aturan, faktor organisasi, faktor pendapatan, faktor kemampuan-keterampilan faktor sarana pelayanan. Untuk mengatasi hambatan tersebut dilakukan berbagai upaya diantaranya mengoptimalkan pegawai untuk menumbuhkan kerjasama, mengoptimalkan arahan dari Lurah kepada pegawai, membuat papan informasi persyaratan administrasi kependudukan, me-review dan mengimplementasikan SOP pelayanan, mengadakan musyawarah bersama perwakilan masyarakat untuk mengklarifikasi terkait transparansi biaya pelayanan, meningkatkan pelatihan kepada pegawai baru, serta mengoptimalkan sarana pelayanan masyarakat dalam menunggu pelayanan.

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Hanif Achmad Rasyid Jauhari, Jauhari, M. S. R., & Ginanjar, S. E. (2023). ANALISIS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA PEGAWAI KANTOR KELURAHAN LINGGASARI: ANALISIS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA PEGAWAI KANTOR KELURAHAN LINGGASARI. Administraus, 7(1), 1–10. https://doi.org/10.56662/administraus.v7i1.173