MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI SUMBER DAYA MANUSIA DAN SARANA PRASARANA DI MTSN BANJAR SELATAN 2 KOTA BANJARMASIN

Authors

  • Salahuddin Salahuddin Pascasarjana STIA Bina Banua Banjarmasin
  • Misransyah Akos STIA Bina Banua Banjarmasin
  • Ade Hermawan STIA Bina Banua Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.56662/administraus.v2i1.18

Keywords:

Quality of Education, Human Resources, Facilities Infrastructure

Abstract

Improving the quality of education Through human resources and infrastructure facilities in MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin City. Guided by Misransyah Akos as Supervisor I and Ade Hermawan as Supervisor II.

This study aims to (1) analyze the effect of human resources on the quality of education MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin. (2) to analyze the effect of infrastructure facilities on education quality of MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin city.

The design of this study is based on a survey approach that the nature of this study is descriptive explanatory is a study that intends to explain the position of the variables studied and the relationship between one variable with another. The existing research variables are to predict the closeness of the influence of one to other variables according to criteria concerning the influence of human resources and infrastructure facilities on the quality of education MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin strongly and profoundly by using multiple regression analysis. The population is all teachers / teaching staff and education MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin city, amounting to 31 people. Sampling technique by Random Sampling of 30 teachers. For key informant is Head of Madrasah MTsN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin. Data were collected through questionnaires and documentation. The analytical tool used in this research is descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis.

The result of research shows that (1) HR / Educator have an effect on the quality of education in MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin city, because based on the result of t test it is known that     t count > t Table means based on the hypothesis showing HR / Educator influence Quality of education and acceptable. (2) the means of infrastructure have an influence on the Quality of Education in MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin city, because it can be seen by the result of t test known that t count > t Table means based on the hypothesis showing the means of infrastructure affect the quality of education and can be accepted.

Meningkatkan mutu pendidikan Melalui sumber daya manusia dan sarana prasarana di MTsN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin. Dibimbing oleh Misransyah Akos sebagai Pembimbing I dan Ade Hermawan sebagai Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh SDM terhadap  mutu pendidikan MTsN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin. (2) menganalisis pengaruh sarana prasarana terhadap mutu pendidikan MTsN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin.

Rancangan penelitian ini berdasarkan pendekatan survey yang sifat penelitian ini adalah deskriptif explanatory merupakan penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungannya antara satu variabel dengan yang lain. Variabel penelitian yang ada yaitu untuk memprediksi keeratan pengaruh yang satu terhadap variabel yang lain sesuai kriteria menyangkut pengaruh SDM dan sarana prasarana terhadap mutu pendidikan MTsN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin secara kuat dan mendalam dengan menggunakan analisis regresi berganda. Populasi adalah seluruh SDM/ tenaga  pendidik dan kependidikan MTsN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin yang berjumlah 31 orang. Teknik penarikan sampel dengan cara Random Sampling sebanyak 30 orang guru. Untuk key informan adalah Kepala Madrasah MTsN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) SDM/Tenaga Pendidik memiliki pengaruh terhadap mutu pendidikan di MTsN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin, karena  berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa t hitung  > t Tabel artinya berdasarkan hipotesis menunjukan SDM/Tenaga Pendidik mempengaruhi mutu pendidikan dan dapat diterima. (2) Sarana prasarana memiliki pengaruh terhadap Mutu Pendidikan di MTsN Banjar Selatan 2 Kota Banjarmasin, karena dapat dilihat dengan berdasarkan hasil uji t diketahui bahwa t hitung > t Tabel artinya berdasarkan hipotesis menunjukan sarana prasarana mempengaruhi mutu pendidikan dan dapat diterima.

Downloads

Published

2018-01-31

How to Cite

Salahuddin, S., Akos, M., & Hermawan, A. (2018). MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI SUMBER DAYA MANUSIA DAN SARANA PRASARANA DI MTSN BANJAR SELATAN 2 KOTA BANJARMASIN. Administraus, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.56662/administraus.v2i1.18