PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS PAGAT KECAMATAN BATU BENAWA KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.56662/administraus.v7i2.184Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Pusat Kesehatan MasyarakatAbstract
Kualitas pelayanan adalah kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, jasa, manusia, proses dan lingkungan yang memiliki atau melebihi harapan. Kualitas pelayanan adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam meningkatkan kepuasan masyarakat tidak terkecuali di Puskesmas Pagat Kecamatan Batu Benawa. Sampel yang digunakan sebanyak 80 orang dengan sistem kuisioner dan observasi langsung. Penelitian ini menggunakan instrumen skala likert yang dibuat dengan bentuk checklist, data yang didapat dianalisis menggunakan regresi linier sederhana untuk membuktikan hipotesis penelitian
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat di Puskesmas Pagat. Nilai koefisien yang diperoleh sebesar 0,919, ini menunjukkan bahwa keeratan hubungan langsung antara variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat sebesar 0,919 nilai tersebut termasuk pada kategori sangat kuat. Koefisien determinasi sebesar 0,844 menyatakan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat sebesar 84,4% sedangkan sisanya sebesar 15,6% dipengaruhi oleh faktor lain selain kualitas pelayanan. Dari hasil uji t, diperoleh t-hitung sebesar 20,568 dan nilai signifikan 0,000< 0,05 yang berarti ada pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Administraus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





