Kinerja Dinas Perpustakaan Untuk Peningkatan Minat Membaca Masyarakat Tapin

Authors

  • Agus Sya'bani Arlan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amuntai

DOI:

https://doi.org/10.56662/administraus.v7i3.208

Keywords:

Perpustakaan Daerah, Kinerja Pustakawan, Minat Baca Masyarakat, Pelayanan Perpustakaan, Sosialisasi Informasi

Abstract

Perpustakaan daerah adalah lembaga pendidikan yang berperan penting dalam memberikan akses informasi dan ilmu pengetahuan kepada masyarakat umum. Melalui perpustakaan, masyarakat dapat mengembangkan pengetahuan mereka dan memahami informasi yang lebih luas. Peran perpustakaan dalam mencapai misi dan visi mereka sangat penting, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Perpustakaan tahun 2007. Pentingnya peran perpustakaan ini juga menggarisbawahi pentingnya jumlah dan mutu tenaga pustakawan. Tenaga perpustakaan adalah individu yang bertanggung jawab menjalankan berbagai tugas dan fungsi dalam perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan data deskriptif melalui observasi dan wawancara. Namun, kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dalam meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Tapin masih belum optimal. Beberapa indikator menunjukkan masalah. Pertama, produktivitas perpustakaan belum mencapai tingkat efektivitas yang diharapkan, terutama dalam hal koleksi buku yang kurang lengkap dan tidak terkini. Kedua, meskipun pelayanan pegawai perpustakaan dianggap baik, kepuasan masyarakat masih rendah karena kurangnya sosialisasi dan sistem pencarian buku yang masih manual. Ketiga, kerjasama antara dinas perpustakaan dengan masyarakat juga masih kurang terlihat. Keempat, kesigapan dan kecermatan pegawai perpustakaan dalam melayani pengunjung sudah baik. Kelima, sesuai dengan target dan SOP dalam Dinas Perpustakaan masih belum optimal, terutama dalam hal sosialisasi kepada masyarakat. Untuk meningkatkan kinerja perpustakaan dan minat baca masyarakat, perlu dilakukan perbaikan pada aspek-aspek yang disebutkan di atas, termasuk peningkatan koleksi buku, sosialisasi, dan kerjasama dengan masyarakat. Ini akan membantu perpustakaan menjadi lembaga yang lebih efektif dalam mendukung pendidikan dan pengetahuan masyarakat Kabupaten Tapin.

Downloads

Published

2023-09-29

How to Cite

Sya'bani Arlan, A. (2023). Kinerja Dinas Perpustakaan Untuk Peningkatan Minat Membaca Masyarakat Tapin. Administraus, 7(3), 20–26. https://doi.org/10.56662/administraus.v7i3.208