PENGARUH FASILITAS KERJA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT YANG DIMEDIASI DENGAN KUALITAS PELAYANAN PADA KANTOR KECAMATAN KAPUAS BARAT
DOI:
https://doi.org/10.56662/administraus.v8i1.214Keywords:
Fasilitas Kerja, Kualitas Pelayanan, Kepuasan MasyarakatAbstract
ABSTRACT
This study aims to analyze (1) The effect of work facilities on service quality at the West Kapuas District Office, (2) The effect of work facilities on community satisfaction at the Kapuas Bara District Office, (3) The effect of service quality on community satisfaction at the West Kapuas District Office, (4) The effect of work facilities on community satisfaction at the West Kapuas District Office mediated by service quality.
The method used is explanatory. The population in this study were people who felt the service at the West Kapuas District Office. The sampling technique uses simple random sampling where the method of drawing from a population or universe in a certain way so that each member of the population or universe has the same chance of being selected or taken. So from the sampling technique, the number of samples in this study was 50 people.
The results showed (1) Work facilities affect service quality at the West Kapuas District Office, (2) Work facilities affect community satisfaction at the West Kapuas District Office, (3) Apparatus service quality affects community satisfaction at the West Kapuas District Office, (4) Work facilities affect community satisfaction at the West Kapuas District Office through apparatus service quality as a mediating variable. The effect of work facilities on community satisfaction is only partially mediated by the quality of apparatus services.
Keywords: Work Facilities; Service Quality; Community Satisfaction
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Pengaruh fasilitas kerja terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Kapuas Barat, (2) Pengaruh fasilitas kerja terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Kecamatan Kapuas Bara, (3) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Kecamatan Kapuas Barat, (4) Pengaruh fasilitas kerja terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Kecamatan Kapuas Barat yang dimediasi kualitas pelayanan.
Metode yang digunakan adalah eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang merasakan pelayanan di Kantor Kecamatan Kapuas Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dimana metode penarikan dari suatu populasi atau semesta dengan cara tertentu sehingga setiap anggota populasi atau semesta mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih atau diambil. Maka dari teknik pengambilan sampel tersebut, jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 orang.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Fasilitas kerja berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Kapuas Barat, (2) Fasilitas kerja berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Kecamatan Kapuas Barat, (3) Kualitas pelayanan aparatur berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Kecamatan Kapuas Barat, (4) Fasilitas kerja berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat pada Kantor Kecamatan Kapuas Barat melalui kualitas pelayanan aparatur sebagai variabel mediasi. Pengaruh fasilitas kerja terhadap kepuasan masyarakat hanya dimediasi secara parsial oleh kualitas pelayanan aparatur.
Kata Kunci: Fasilitas Kerja; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Masyarakat
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Administraus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.