IMPLEMENTASI PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) DI MTsN 3 HSU KECAMATAN BABIRIK KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • Ahmad Baihaqi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56662/administraus.v7i3.233

Keywords:

implementasi, Program Indonesia Pintar

Abstract

This research aims to understand the implementation of the Indonesia Pintar Program (PIP) at MTsN 3 HSU Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara. The study uses a qualitative approach with a descriptive-qualitative type. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. Based on the discussion and research conducted by the author at Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 HSU Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara, the following conclusions can be drawn: Communication Aspect: Transmission Indicator: Not yet effective, as some parents of students do not fully understand the Indonesia Pintar Program. Clarity Indicator: Not yet good. Consistency Indicator: Good. Resource Aspect: Human Resources (Staff) Indicator: Inadequate, due to a lack of expert staff responsible for implementing the Indonesia Pintar Program. Information Indicator: Not yet optimal. Authority Indicator: Good. Facilities Indicator: Adequate, with available laptops and computers. Disposition Aspect: Attitude Indicator: Good, with implementers performing their duties well according to the applicable technical guidelines. Bureaucratic Structure Aspect: Standard Operating Procedures (SOP) Indicator: Present and well-implemented, including socialization, data collection, proposing students as recipients of the Indonesia Pintar Program funds, and the disbursement process. Fragmentation/Responsibility Distribution Indicator: Good, with policy implementers performing their tasks according to their respective duties.

Keywords:  Implementation; Smart Indonesia Program

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dalam Implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) Di MTSN 3 HSU Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif- kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Berdasarkan hasil pembahasan dan penelitian penulis di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 HSU Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :Implementasi Program Indonesia Pintar (PIP) di MTsN 3 HSU Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara masih belum optimal dilihat dari : Pertama, pada aspek komunikasi diketahui pada indikator transmisi belum efektif karena masih ada sebagian orang tua siswa/i yang belum memahami sepenuhnya tentang Program Indonesia Pintar. Berikutnya pada indikator kejelasan belum baik . Kemudian pada indikator konsistensi sudah baik .  Kedua, pada aspek sumber daya diketahui pada indikator sumber daya manusia (staf) masih belum memadai karena masih kurangnya staf ahli yang bertugas dalam pelaksanaan Program Indonesia Pintar (PIP). Berikutnya pada indikator informasi juga belum optimal. Kemudian pada indikator wewenang sudah baik. Selanjutnya pada indikator fasilitas yang tersedia sudah memadai seperti tersedianya laptop dan komputer. Ketiga, pada aspek disposisi diketahui pada indikator sikap para pelaksana sudah baik dalam menjalankan tugasnya dalam implementasi Program Indonesia Pintar dan telah mengacu pada petunjuk teknis yang berlaku. Keempat, pada aspek struktur birokrasi diketahui pada indikator Standar Operasional Prosedur (SOP) sudah ada dan sudah dijalankan dengan baik mulai dari melakukan sosialisasi, mendata dan mengusulkan siswa/i calon penerima dana Program Indonesia Pintar, dan melakukan proses pencairan dana hingga sampai kepada penerima dana. Berikutnya pada indikator fragmentasi/penyebaran tanggungjawab sudah baik karena pelaksana kebijakan sudah menjalankan tugasnya sesuai dengan tugasnya masing-masing

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Baihaqi, A. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM INDONESIA PINTAR (PIP) DI MTsN 3 HSU KECAMATAN BABIRIK KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. Administraus, 7(3), 56–63. https://doi.org/10.56662/administraus.v7i3.233