KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG PERPUSTAKAAN PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA

Authors

  • Erwin Maulana Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56662/administraus.v7i1.249

Keywords:

kualitas pelayanan, pelayanan publik

Abstract

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Utara adalah perpustakaan yang diselenggarakan oleh dana umum dengan tujuan melayani umum, permasalahan yang ada pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Utara adalah pengunjung harus antri panjang untuk menunggu dilayani petugas saat peminjaman koleksi buku. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan publik di Bidang Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diambil melalui penarikan secara purposive sampling berjumlah 15 orang. Setelah data terkumpul kemudian di analisis dengan teknik meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data pada penelitian ini perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, tringulasi, analisis kasus negative, dan mengadakan membercheck.

Hasil dari penelitian Kualitas pelayanan publik di Bidang Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Utara cukup berkualitas hal ini dapat dilihat dari indikator: Pertama, penanganan masalah masih kesulitan menemukan buku. Sesuai dengan waktu jumlah petugas kurang. Penyediaan pelayanan tersedianya meja area membaca. Kedua, penanganan masalah petugas tidak melakukan penginputan secara rutin. Kecepatan pelayanan kurangnya pegawai pelayanan. Ketiga, kepastian waktu jumlah petugas pelayanan yang terbatas. Kesopanan petugas perpustakaan sudah menumbuhkan rasa percaya para pengunjung. Kemampuan petugas keterampilan yang dimiliki petugas dalam memberikan pelayanan. Keempat, memberikan perhatian belum mewujudkan layanan. Mengutamakan kepentingan petugas tidak mengutamakan kepentingan pemustaka. Kebutuhan petugas tidak mengutamakannya. Kelima, fasilitas yang tersedia sudah sesuai. Penampilan kerja petugas perpustakaan berpenampilan baik. Kelengkapan teknologi masih dilakukan secara manual. Faktor-faktor yang mempengaruhi terbagi dua yaitu faktor penghambat adalah kurang tertatanya penempatan buku, kurangnya ketepatan waktu pelayanan, kurangnya kecepatan pegawai, kurangnya sumber daya manusia, kurangnya disiplin pegawai, kurangnya mengutamakan kepentingan. Faktor pendukung adalah tanggung jawab, penyediaan pelayanan, kesiapan petugas, kesopanan pegawai, kemampuan pegawai, memahami kebutuhan, fasilitas.

Untuk meningkatkan Kualitas pelayanan publik di Bidang Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Utara disarankan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Utara harus ada pembenahan dalam antrian yang mana antrian harus ditata dan diberi ketegasan pada system antrian, Untuk Pegawai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Utara, setiap pegawainya masing-masing mampu dalam menjalankan tugas sesuai kemampuannya yang harusnya lebih teliti, petugas harus bertanggung jawab dalam penyelesaian keluhan pada pelayanan yang ada selalu diatasi dengan baik dan ini terlihat pada pelayanan yang ada.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Maulana, E. (2023). KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI BIDANG PERPUSTAKAAN PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA. Administraus, 7(1), 129–139. https://doi.org/10.56662/administraus.v7i1.249