Kualitas Pelayanan Pemerintah Desa Kurau Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut

Authors

  • Ade Hermawan STIA Bina Banua Banjarmasin, Indonesia
  • B Bakhtiar STIA Bina Banua Banjarmasin, Indonesia
  • Muhammad Jamili STIA Bina Banua Banjarmasin, Indonesia
  • N Norbayah STIA Bina Banua Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56662/administraus.v8i2.253

Keywords:

Kualitas, Pelayanan, Pemerintah Desa

Abstract

Abstrak

Peran pemerintah desa termasuk di dalamnya pemerintah desa Kurau Kecamatan Kurau sebagai instansi penyelenggara layanan sangat penting. Masyarakat desa sebagai pihak pengguna layanan juga akan terpenuhi hak-haknya untuk pelayanan berkualitas dengan adanya petugas yang berkompeten. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa Kualitas pelayanan pemerintah desa Kurau Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dari kelima indikator yang dijadikan ukuran untuk menilai kualitas pelayanan Pemerintah Desa Kurau Kecamatan Kurau yaitu Kenyamanan sarana pelayanan, Akurasi pelayanan,  Keramahan petugas,  Ketepatan waktu, dan Kemudahan prosedur pelayanan semuanya mempunyai kecenderungan yang baik, kecuali kenyamanan sarana pelayanan yang berada pada kategori cukup baik. Artinya dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan pelayanan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa Kurau Kecamatan Kurau adalah kualitasnya baik.

Kata Kunci : Kualitas, Pelayanan, Pemerintah Desa

 

Abstract

The role of the village government including the Kurau village government, Kurau District as an agency providing services is very important. The village community as users of services will also have their rights fulfilled for quality services with the presence of competent officers. This study aims to analyze the quality of services of the Kurau village government, Kurau District, Tanah Laut Regency. The results of the study show that of the five indicators used as a measure to assess the quality of services of the Kurau Village Government, Kurau District, namely Comfort of service facilities, Accuracy of service, Friendliness of officers, Punctuality, and Ease of service procedures, all have a good tendency, except for the comfort of service facilities which are in the fairly good category. This means that it can be concluded that overall the services provided by the Kurau Village Government, Kurau District are of good quality.

Keywords: Quality, Service, Village Government

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Hermawan, A., Bakhtiar, B., Jamili, M. ., & Norbayah, N. (2024). Kualitas Pelayanan Pemerintah Desa Kurau Kecamatan Kurau Kabupaten Tanah Laut. Administraus, 8(2), 124–133. https://doi.org/10.56662/administraus.v8i2.253