Analisis Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri 1 Pulau Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong

Authors

  • Ristinawati Sekolah Dasar Negeri 1 Pulau Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong, Indonesia
  • Irawanto STIA Bina Banua Banjarmasin, Indonesia
  • Gerilyansyah Basrindu STIA Bina Banua Banjarmasin, Indonesia
  • Muhammad Mochtar Mandala Silam STIA Bina Banua Banjarmasin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56662/administraus.v9i1.275

Keywords:

Employee performance, Leadership style, Work motivation, Job satisfaction, Length of service, Kinerja Pegawai, Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja

Abstract

This study aims to analyze teacher performance in improving student achievement through a student-centered learning approach. The focus of this study covers five main aspects, namely: (1) teachers' ability to work with students individually, (2) the quality of lesson preparation and planning, (3) the utilization of various learning media, (4) student involvement in various learning experiences, and (5) active leadership of teachers in the classroom. This research uses a qualitative approach with a case study method. The research subjects were elementary school teachers at School X. Data was collected through observation, in- depth interviews with teachers and students, and document analysis. The results showed that teacher performance in several aspects still needs to be improved. Although most teachers have made efforts to implement student-centered learning, there are still some obstacles, such as a lack of ability to manage heterogeneous classes, difficulties in choosing the right learning media, and a lack of time for lesson preparation. This study concludes that to improve teacher performance, continuous efforts are needed, both from the school and the teachers themselves. Several recommendations that can be given include: (1) conducting continuous training for teachers, (2) providing adequate facilities to support effective learning, (3) developing a school culture that supports active learning, and (4) giving awards to outstanding teachers.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Fokus penelitian ini meliputi lima aspek utama, yaitu: (1) kemampuan guru dalam bekerja dengan siswa secara individual, (2) kualitas persiapan dan perencanaan pembelajaran, (3) pendayagunaan media pembelajaran yang variatif, (4) keterlibatan siswa dalam berbagai pengalaman belajar, dan (5) kepemimpinan aktif guru dalam kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek penelitian adalah guru-guru kelas rendah di Sekolah Dasar X. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru dalam beberapa aspek masih perlu ditingkatkan. Meskipun sebagian besar guru sudah berusaha untuk menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, namun masih terdapat beberapa kendala, seperti kurangnya kemampuan dalam mengelola kelas yang heterogen, kesulitan dalam memilih media pembelajaran yang tepat, dan kurangnya waktu untuk persiapan pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa untuk meningkatkan kinerja guru, diperlukan upaya yang berkelanjutan, baik dari pihak sekolah maupun guru sendiri. Beberapa rekomendasi yang dapat diberikan antara lain: (1) penyelenggaraan pelatihan yang berkelanjutan bagi guru, (2) penyediaan fasilitas yang memadai untuk mendukung pembelajaran yang efektif, (3) pengembangan budaya sekolah yang mendukung pembelajaran aktif, dan (4) pemberian penghargaan kepada guru yang berprestasi.

Downloads

Published

2025-01-31

How to Cite

Ristinawati, Irawanto, Basrindu, G., & Silam, M. M. M. (2025). Analisis Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Negeri 1 Pulau Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong. Administraus, 9(1), 49–59. https://doi.org/10.56662/administraus.v9i1.275