Analisis Kepatuhan Pegawai dalam Menerapkan Tatalaksana Persuratan di Perusahaan Pelayanan Listrik Kota Kediri

Authors

  • Kusuma Dewi Astuti Politeknik Negeri Malang, Indonesia
  • Nilawati Fiernaningsih Politeknik Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56662/administraus.v9i2.279

Keywords:

Kepatuhan Pegawai, Kualitas Surat, Tatalaksana Persuratan

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan tatalaksana persuratan di perusahaan pelayanan listrik Kota Kediri, dengan fokus pada standar yang diterapkan, kepatuhan pegawai dalam menulis surat, kendala, serta solusinya. Menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan tatalaksana persuratan di perusahaan pelayanan listrik Kota Kediri kurang optimal. Tantangan utama yang ditemukan adalah rendahnya tingkat kepatuhan pegawai dan kurangnya pemahaman tentang tatalaksana persuratan. Akibatnya, kualitas surat yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan. Solusi yang disarankan adalah adanya sosialisasi mengenai tatalaksana persuratan serta upaya untuk memastikan bahwa pegawai mematuhi standar surat yang berlaku. Solusi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas surat guna mendukung efektivitas komunikasi di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan.

Author Biography

Nilawati Fiernaningsih, Politeknik Negeri Malang, Indonesia

Menjabat sebagai profesor pada Jurusan Administrasi Niaga Program Studi D3 Administrasi Bisnis, Politeknik Negeri Malang

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Astuti, K. D., & Fiernaningsih, N. (2025). Analisis Kepatuhan Pegawai dalam Menerapkan Tatalaksana Persuratan di Perusahaan Pelayanan Listrik Kota Kediri. Administraus, 9(2), 1–13. https://doi.org/10.56662/administraus.v9i2.279