PEMINDAIAN SECARA ELEKTRIK (E-SCANNING) DALAM PENGEMBANGAN SISTEM ADMINISTRASI MODERN
DOI:
https://doi.org/10.56662/administraus.v2i2.38Keywords:
electrical scanning, system, information technology, electronic documents, elektrikal scanning, sistem, informasi teknologi, dokumen elektronikAbstract
Scanning Electronic (E-scanning) in the Development of Modern Administrative System (Study In The Office Notary / PPAT M. Faried Zain, SH, MH In Banjarmasin). The purpose of this study is to determine what form of documents can use the scanning system electrically (E-Scanning) and study the stages or the process of the scanning system in the office working environment Notary / PPAT M. Faried Zain, SH. MH in Banjarmasin
The method used in this research is descriptive method of analysis that aims only describe the usefulness of scanning electrically (E-Scanning) in duties and functions of a Notary / PPAT in the office of Notary / PPAT M. Faried Zain, SH. MH made in the implementation of these activities which amounted to 15 people.
The results showed that the processing of documents / deeds, SK (decree), SK Establishment Building, Land Certificates, Contracts, Receipts, Checks, recordings and other objects that can be used as evidence or supporting an explanation can be done scanning electrically (E-Scanning) in which any form of preparation, checking and sending up the endorsement is not separated from the name help information technology-based tools to facilitate all forms of process. Excess in the scanning process is electrically this is a quick access to the document file found and allow utilization of the distribution of the document delivery did not take a long time, and provides advanced security features. The drawback is the cost of procurement of equipment and applications are relatively high, it is likely to be a change and manipulation of information.
Pemindaian Secara Elektrik (E-Scanning) Dalam Pengembangan Sistem Administrasi Modern (Studi Di Kantor Notaris/PPAT M. Faried Zain, SH. MH Di Banjarmasin). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dokumen apa saja yang dapat mempergunakan sistem pemindaian secara elektrik (E-Scanning) dan mempelajari tahapan atau proses sistem pemindaian tersebut di lingkungan kerja kantor Notaris/PPAT M. Faried Zain, SH. MH di Banjarmasin
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode deskriftif analisis yang bertujuan hanya memaparkan mengenai kegunaan pemindaian secara eletrik (E-Scanning) di dalam tugas dan fungsi seorang Notaris/PPAT pada kantor Notaris/PPAT M. Faried Zain, SH. MH yang dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan ini yang berjumlah 15 Orang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengerjaan dokumen/akta-akta, SK (surat keputusan), SK Pendirian Bangunan, Sertifikat Tanah, Surat Kontrak, Kwitansi, Cek, Rekaman dan benda-benda lainnya yang dapat dijadikan bukti atau pendukung suatu keterangan dapat dilakukan pemindaian secara elektrik (E-Scanning) yang mana segala bentuk pembuatan, pengecekan dan pengiriman hingga pada pengesahannya tidak terlepas dari yang namanya bantuan alat yang berbasis teknologi infomasi guna mempermudah segala bentuk prosesnya. Kelebihan dalam proses pemindaian secara elektrik ini ialah akses file dokumen tersebut cepat ditemukan dan memungkinkan pemanfaatan untuk pendistribusian pengiriman dokumen tersebut pun tidak memakan waktu yang lama, serta menyediakan fitur keamanan yang canggih. Kekurangannya ialah biaya pengadaan peralatan dan aplikasinya yang relatif tinggi, kemungkinan bisa dilakukan perubahan dan manipulasi informasi.





