MANAJEMEN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI SMK NEGERI 3 BANJARMASIN

Authors

  • Rizeky Ariani STIA Bina Banua Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.56662/administraus.v2i2.43

Keywords:

Industrial Work Practice Management, Manajemen Praktek Kerja Industri

Abstract

Industrial Work Practice Management (Prakerin) At SMK Negeri 3 Banjarmasin. This study aims to (1) Know the planning of Industrial Work Practices (Prakerin) in SMK Negeri 3 Banjarmasin. (2) Knowing the process of organizing Industrial Work Practices (Prakerin) in SMK Negeri 3 Banjarmasin. (3) Knowing the evaluation of Industrial Work Practices (Prakerin) in SMK Negeri 3 Banjarmasin. (4) Knowing the school follow-up plan after the Practice of Industry (Prakerin) in SMK Negeri 3 Banjarmasin. This research use Descriptive research method. key informant in this case is the principal. The informants in this study are teachers and teachers of the land as many as 7 people. This study uses data collection techniques of interviews and documentation with qualitative data analysis techniques. The results showed that (1) prakerin planning in SMK Negeri 3 Banjarmasin by preparing and taking into account environmental factors, both macro and micro, and proposal / proposed by the school which then used as the basis in making student planning to learn about business world or world industry (DU / DI). (2) The organization of Prakerin in SMK Negeri 3 Banjarmasin to prepare students to become productive human beings, able to work independently, fill vacancies in the business world and industrial world as middle-level workers in accordance with competence in the program of expertise chosen. (3) The prakerin evaluation in SMK Negeri 3 Banjarmasin is directed to the assessment of the process and the results of the students' work, the supervising teachers in cooperation with the DU / DI instructor determine the performance / success of the prakerin participants. (4) The follow-up plan of Industrial Working practice in SMK Negeri 3 Banjarmasin is to build cooperation with related parties as an effort of social development of labor, maintenance, acceleration and improvement of certain labor quality in order to increase student productivity upon graduation from school.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perencanaan Praktek Kerja Industri (Prakerin) di SMK Negeri 3 Banjarmasin. (2) Mengetahui proses pengorganisasian Praktek Kerja Industri (Prakerin) di SMK Negeri 3 Banjarmasin. (3) Mengetahui evaluasi Praktek Kerja Industri (Prakerin) di SMK Negeri 3 Banjarmasin. (4) Mengetahui rencana tindak lanjut sekolah setelah Praktek Kerja Industri (Prakerin) di SMK Negeri 3 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif. key informan dalam hal ini adalah kepala sekolah. Yang dijadikan informan dalam penelitian ini yaitu guru pembimbing dan guru lahan sebanyak 7 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi dengan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Perencanaan prakerin di SMK Negeri 3 Banjarmasin dengan mempersiapkan dan memperhatikan faktor lingkungan, baik secara makro maupun mikro, serta usul/rencana yang diajukan sekolah yang kemudian dipakai sebagai dasar dalam pembuatan perencanaan siswa untuk mempelajari tentang dunia usaha atau dunia industri (DU/DI). (2) Pengorganisasian Prakerin di SMK Negeri 3 Banjarmasin guna menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya. (3) Evaluasi prakerin di SMK Negeri 3 Banjarmasin diarahkan pada penilaian proses dan hasil pekerjaan siswa, guru pembimbing bekerja sama dengan instruktur DU/DI menetapkan kinerja / keberhasilan peserta prakerin. (4) Rencana tindak lanjut dari praktek Kerja Industri di SMK Negeri 3 Banjarmasin adalah dengan membangun kerja sama dengan pihak terkait sebagai upaya pengembangan sosial ketenagakerjaan, pemeliharaan, percepatan dan peningkatan kualitas tenaga kerja tertentu dalam rangka peningkatan produktivitas siswa pada saat lulus dari sekolah.

Downloads

Published

2018-12-23

How to Cite

Ariani, R. (2018). MANAJEMEN PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN) DI SMK NEGERI 3 BANJARMASIN. Administraus, 2(2), 35–76. https://doi.org/10.56662/administraus.v2i2.43