PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU DI MTSN KAPUAS TIMUR KABUPATEN KAPUAS
DOI:
https://doi.org/10.56662/administraus.v2i3.47Keywords:
Role of Madrasah Head, Quality of Teacher, Peran Kepala Madrasah, Kualitas GuruAbstract
The Role of Madrasah Principals in Improving Teacher Quality At MTsN Kapuas Timur Kapuas District. Guided by Iswiyati Rahayu as First Counselor and Muhammad Jamili as Second Counselor. This research use Descriptive research method. key informant in this case is the head of madrasah and the teachers. Which can be used as the next informant such as Administration and Teachers and Students. This study uses data collection techniques that are done by observation method (observation), interview and document. Data analysis with qualitative. The result of the research shows that (1) The role of principal in improving the quality of MTsN Kapuas Timur Kapuas District is as follows: (a) Head Actions of Kapuas Kapuas Kapuas Timur in empowering teachers by always reminding the teachers to remain eager to carry out the learning. (b) Head of MTsN Kapuas Timur Kapuas Regency does not tolerate the delay in completion of work and task. Madrasah principals always set a deadline and ask all personnel to obey the time specified. The head of Madrasah also provides guidance and guidance and helps teachers with facilities or facilities. (c) Harmonious relationship with the community is essential for the progress of MTsN Kapuas Timur Kapuas District. (d) Head of MTsN Kapuas Timur Kapuas Regency applies the principles of openness, involvement of all parties, and kinship. (e) Head of MTsN Kapuas Timur Kapuas District involves all personnel in school. (f) In establishing teamwork, the head of MTsN Kapuas Timur Kapuas Regency always prioritizes togetherness. (2) Constraints on the role of school principals in improving the quality of teachers in MTsN Kapuas Timur Kapuas Regency are: (a) Lack of facilities and infrastructure to implement every decision that has been determined. (b) Low skill, especially computer mastery. (c) Teachers' commitment is still low in performing the tasks assigned by the Madrasah Principals. (3) The solution to overcome obstacles in improving the quality of teachers in MTsN Kapuas Timur Kapuas district is done by involving school residents, parents, government and various parties concerned with education with such cooperation is needed to monitor the progress of children in the education process, both intellectual and psychological realms
Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Guru Di MTsN Kapuas Timur Kabupaten Kapuas. Dibimbing oleh Iswiyati Rahayu sebagai Pembimbing I dan Muhammad Jamili sebagai Pembimbing II. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif. key informan dalam hal ini adalah kepala madrasah dan para guru. Yang dapat dijadikan informan berikutnya seperti Tata Usaha dan Guru serta Murid. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan metode pengamatan (observasi), wawancara dan dokumen. Analisis data dengan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru MTsN Kapuas Timur Kabupaten Kapuas adalah sebagai berikut (a) Tindakan Kepala MTsN Kapuas Timur Kabupaten Kapuas dalam memberdayakan guru-guru dengan selalu mengingatkan guru-guru untuk tetap bersemangat melaksanakan pembelajaran. (b) Kepala MTsN Kapuas Timur Kabupaten Kapuas tidak mentolerir keterlambatan waktu penyelesaian tugas dan pekerjaan. Kepala Madrasah selalu menetapkan batas waktu dan meminta seluruh personil mentaati waktu yang telah ditetapkan. Kepala Madrasah juga memberikan arahan dan bimbingan serta membantu para guru dengan sarana atau fasilitas. (c) Keharmonisan hubungan dengan masyarakat sangat penting bagi kemajuan madrasah. (d) Kepala Madrasah menerapkan prinsip keterbukaan, keterlibatan semua pihak, serta kekeluargaan. (e) Kepala Madrasah melibatkan semua personil yang ada di sekolah. (f) Dalam membangun kerja sama tim, kepala MTsN Kapuas Timur Kabupaten Kapuas selalu mengutamakan kebersamaan. (2) Kendala peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas guru di MTsN Kapuas Timur Kabupaten Kapuas adalah menyangkut : (a) Kurangnya fasilitas sarana dan prasarana untuk melaksanakan setiap keputusan yang telah ditetapkan. (b) Rendahnya keterampilan, khususnya penguasaan komputer. (c) Komitmen guru masih rendah dalam melaksanakan tugas yang diberikan Kepala Madrasah. (3) Solusi mengatasi kendala dalam meningkatkan kualitas guru di MTsN Kapuas Timur Kabupaten Kapuas dilakukan dengan melibatkan warga sekolah, orang tua siswa, pemerintah dan berbagai pihak yang peduli dengan pendidikan dengan kerja sama tersebut dibutuhkan untuk memantau kemajuan anak dalam proses pendidikan, baik kemajuan dalam ranah intelektual maupun psikologis.