KINERJA DAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN RSUD DR. H. MOCH. ANSARI SALEH BANJARMASIN

Authors

  • Suryadi Ariyanto Akademi Pariwisata Nasional Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.56662/administraus.v2i3.55

Keywords:

Mutu Pelayanan, Kinerja, Quality of Service, Performance

Abstract

This research is motivated by public service performed by government personnel in hospitals Dr. H. Moch . Ansari Saleh Banjarmasin in the health care section, that basically for people who didn`t get any right for equality service in Helath Care section. Furthermore Discrimination in care service above, especially among people who are able and indicates poor still lack the accountability. Hospital to the public as mandated by Law No. 36 Year 2009 on Health. A good quality service care and Low Cost treatment, as well as the attitude of the medical staff is friendly and communicative demands of the majority of patients to the hospital. There are so many complains and Quality of service for people who indicates poor didn`t get any responsible service. This research for identification any obstacles factor improving performance the hospital to improve the quality of public health service quality.

The research hypothesis is one of the characteristics of survey research is to apply a quantitative approach, the file and information gathered through the case study method is a phenomenon that captured the perceptions and expectations of hospital performance in providing services. Based file collection and reporting as well as support dokomen questionnaires. By using the method of assessment checklist. The process of file analysis starts from the social approach, and to obtain comparative results are also used file analysis tools such as the proportion in percentage.

Based on the research, the study result conclude that the hospital performance or IKM of the hospital Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin valued 68,4. With good quality service performance category. Even more about Quality of IKM performance was Valued 64,41. And get Good Quality performance. But for system threadment level was in 59,81. That values are from interval conversion 43,76 – 62,50, similliar with  Kepmenpan No : KEP/25/M.PAN/2/2004, with categories Less Under/ C. This means that the factor is the bottleneck of the performance of the hospital Dr H.Moch.Ansari Saleh Banjarmasin in implementing health services to the community, so it affects the level of performance and quality of service .

Suggested in improving Quality of Service Quality and Performance Hospital to get the value of "EXCELLENT"/ A, to the management of the hospital to continue to provide assessment, monitoring of personnel or medical service personnel, and evaluate the need for support services for the implementation task. and apply the Minimum Service Standards. It is also expected to southern Kalimantan provincial government to pay more attention to the accelerated development of hospitals Dr.H.Moch Ansari Saleh, both to the building, the rooms, parking facilities, parks, places of worship, and others.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penyelenggaraan pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah di RSUD Dr. H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin dalam sektor pelayanan kesehatan yang sepenuhnya merupakan salah satu hak dasar rakyat sebagai warga sipil yang masih belum merasakan sepenuhnya keadilan. Adanya diskriminatif pada pelayanan kesehatan di atas, khususnya antara masyarakat yang mampu dan miskin menandakan masih rendahnya pertanggungjawaban (akuntabilitas) Rumah Sakit kepada publik seperti yang diamanatkan oleh Undang-Undang RI No. 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Pelayanan yang cepat dan tepat, biaya pengobatan yang murah, serta sikap tenaga medis yang ramah dan komunikatif adalah sebagian dari tuntutan pasien terhadap rumah sakit. Banyaknya keluhan dan jenis pelayanan yang tidak mampu ditangani dan dipenuhi. Studi ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dalam peningkatan kinerja perangkat RS dalam meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatan masyarakat.

 

Hipotesis Penelitian ini merupakan salah satu ciri penelitian survei yang menerapkan pendekatan kuantitatif, data dan informasi dikumpulkan melalui metode studi kasus dengan fenomena yang ditangkap adalah persepsi dan ekspektasi kinerja Rumah Sakit dalam memberikan pelayanan. Pengumpulan data berdasarkan laporan dan dokomen penunjang serta kuesioner. Dengan metode penilaiannya menggunakan checklist. Proses analisis data dimulai dari proses pendekatan sosial, dan untuk memperoleh hasil pembanding digunakan pula alat analisis data berupa proporsi dalam bentuk prosentase.

 

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa IKM terhadap kinerja RSUD Dr. H. M. Ansari Saleh Banjarmasin berada pada angka 68,4, dengan kategori mutu pelayanan Baik. Begitu pula dengan IKM terhadap kualitas pelayanan berada pada angka 64,41, dengan kategori mutu pelayanan Baik. Namun terhadap faktor penentu kinerja dapat disimpulkan, bahwa IKM terhadap faktor pendukung dan penghambat kinerja RSUD Dr.H.M.Ansari Saleh Banjarmasin berada pada angka 59,81. Angka tersebut berada pada Nilai Interval Konversi 43,76 – 62,50 sesuai Kepmenpan Nomor: KEP-25/M.PAN/2/2004, dengan kategori Kurang Sesuai/ C. Hal ini berarti faktor tersebut menjadi penghambat kinerja rumah sakit Dr. H.Moch.Ansari Saleh Banjarmasin dalam melaksanakan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sehingga sangat berpengaruh pada tingkat kinerja dan mutu pelayanan.

Disarankan dalam peningkatan Kualitas Mutu Pelayanan dan Kinerja Rumah Sakit untuk mendapatkan nilai  “SANGAT BAIK”/ A, kepada Pimpinan rumah sakit untuk terus memberikan penilaian, monitoring terhadap aparatur atau tenaga pelayanan medis, dan mengevaluasi kebutuhan penunjang terhadap terlaksananya tugas pelayanan. serta menerapkan Standar Pelayanan Minimal. Diharapkan pula kepada pemerintah provinsi Kalimantan selatan lebih memperhatikan dalam percepatan pembangunan RSUD Dr.H.Moch Ansari Saleh,  baik terhadap gedung,  ruangan-ruangan, fasilitas parkir, taman, tempat ibadah, dan lain-lain.

Downloads

Published

2018-09-30

How to Cite

Ariyanto, S. (2018). KINERJA DAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN RSUD DR. H. MOCH. ANSARI SALEH BANJARMASIN. Administraus, 2(3), 39–50. https://doi.org/10.56662/administraus.v2i3.55