Pengaruh Kualitas Pelayanan Dilihat Dari Aspek Tangibles Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong

Authors

  • Wahyu Subadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Tabalong

DOI:

https://doi.org/10.56662/administraus.v4i1.81

Keywords:

Kualitas, pelayanan, kualitas pelayanan, tangibles, kepuasan, masyarakat, kepuasan masyarakat

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan dilihat dari aspek tangibles (X) terhadap kepuasan masyarakat (Y) pada KUA Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong.

Penelitian menggunakan metode kuantitatif yaitu untuk menguji teori - teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antar variabel. Populasi 80 masyarakat pengguna jasa di kantor urusan agama (KUA) Kecamatan Bintang Ara data tahun 2018 diambil dari teori Arikunto (2006 : 231) apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua tetapi jika jumlah subjeknya besar, dapat diambil antara 10-15% atau 20-25%. Menggunakan teknik simple random sampling yaitu teknik yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi, sehingga dengan teknik ini akan memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh antara variabel kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan masyarakat (Y) di KUA Bintang Ara diperoleh nilai estimasi sebesar 0,017 dengan CR sebesar 52.49* dan besarnya pengaruh kualitas pelayanan (X) terhadap kepuasan masyarakat (Y) dapat dilihat dari nilai AFIT = 0,567 artinya kualitas pelayanan (X) mempengaruhi kepuasan masyarakat (Y) di KUA Bintang Ara Kabupaten Tabalong dan sisanya 43,3% di pengaruhi oleh faktor lain diluar dari indikator.

Downloads

Published

2020-01-31

How to Cite

Subadi, W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dilihat Dari Aspek Tangibles Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bintang Ara Kabupaten Tabalong. Administraus, 4(1), 27–50. https://doi.org/10.56662/administraus.v4i1.81